Sanggar Gombang Alam Siap Ikuti Seleksi Tingkat Provinsi

Sanggar Gombang Alam Siap Ikuti Seleksi Tingkat Provinsi

Solok, (InfoPublikSolok) – Sanggar Gombang Alam Kota Solok telah siap untuk mengikuti agenda tahunan Pemilihan Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diadakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat di gedung Aula Gubernuran pada tanggal 6 September 2018 mendatang.

Kesiapan Sanggar Gombang Alam ini terlihat dari latihan akhir dan pengambilan video statis untuk memenuhi syarat administrasi seleksi yang dilakukan di Gedung Aula SMPN 5 Kota Solok, Rabu, (15/8) pagi.

Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Zulfadli, SH, M.Si, yang turut langsung menyaksikan pengambilan video statis ini menyampaikan bahwa Sanggar Gombang Alam yang beralamat di Tanjung Paku ini telah siap untuk mewakili Kota Solok pada lomba Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Ia juga berharap Sanggar ini akan dapat menampilkan kemampuan terbaiknya dalam lomba nanti.

“Sanggar Gombang Alam telah siap untuk tampil di Padang nanti, terlihat para pemain telah cukup sempurna menghafalkan gerakan-gerakan randai, tarian, musik dan penghayatan dialog/cerita, semoga kita bisa mempertahankan prestasi tahun-tahun sebelumnya,” harap Zulfadli.

Pada ajang Pemilihan Media Tradisional Terbaik Tahun 2016 yang lalu, Kota Solok meraih Juara I tingkat Sumatera Barat, sekaligus pada tahun yang sama tampil sebagai Juara I Nasional yang diwakili oleh Sanggar Gombang Alam, kemudian pada tahun 2017 Kota Solok meraih Juara II tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Sanggar Rumpun Batuang.

Personil Sanggar Gombang Alam yang akan tampil nanti yakni, Penulis Naskah (Siti Ainur Rahim), Sutradara (Carles Saputra, S.Sn), Koreografer (Riko Candra, S.Sn), Komposer/Pemusik (Muhammad Riski, Bari, Alif Ramansyah, Afis Nursalam, Nico Jofen Pratama, Rivo Ilhami Pangestu), Pemain Gerak/Cerita (Mora Kurnia, Gerbi Saputra, Devrio Nanda Yulius, Ivan Alfimus, Dicky Damara Sukma, Arif Agustakdir R, Agus Salim, Mikel Martin, Febrian, Beny Ronaldo).

Sejak ditetapkannya Sanggar Gombang Alam untuk mewakili Kota Solok pada lomba Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kominfo Kota Solok terus melakukan pembinaan dan memfasilitasi persiapan grup ini.

Menurut Kasi Pengembangan Hubungan Media dan Kelembagaan, Mansteven Nofriandi, Sanggar Gombang Alam terpilih karena telah sering tampil dalam berbagai event mewakili Kota Solok, juga salah satu sanggar yang cukup aktif menggelar latihan setiap akhir pekan, sejalan dengan fungsinya untuk meningkatkan minat generasi muda terutama pelajar dan mahasiswa dalam melestarikan seni dan budaya tradisional Minangkabau. (LK)

Tags: , , , , ,