Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Dituntut Untuk Tingkatkan Peran di Masyarakat

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Dituntut Untuk Tingkatkan Peran di Masyarakat

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan melaksanakan pelantikan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada yang baru yang dilaksanakan di Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota selama dua hari 1-2 September 2018.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Pimpinan Cabang Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan yang baru yakni dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes beserta staf promosi kesehatan dan PM serta anggota struktur Saka Bakti Husada.

Jumlah peserta yang dilantik sebanyak 7 orang yang terdiri dari siswa SMA N 4, SMK N 1 dan SMK N 2 Kota Solok. Sementara itu, ikut hadir dalam kegiatan ini sebanyak 20 orang anggota Saka Bakti Husada beserta pendamping.

Dalam kata sambutannya Pincab Saka Bakti Husada, hiddayaturrahmi, menyampaikan bahwa Saka Bakti Husada adalah wadah bagi generasi muda untuk menimba ilmu pengetahuan, keterampilan dan membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Lanjutnya, hal ini dilatar belakangi karena pembangunan dalam bidang kesehatan memerlukan peran serta seluruh komponen. Salah satunya adalah pembentukan kader kesehatan, dalam hal ini adalah anggota Saka Bakti Husada.

“Sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, yakni dengan dibekalinya anggota Saka Bakti Husada dengan pengetahuan 6 Krida Saka Bakti Husada, yaitu ; Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Gizi, Krida Bina Pengendalian Penyakit, Krida Bina Obat, Krida Bina PHBS,” terangnya.

“Diharapkan anggota Saka Bakti Husada memiliki ilmu yang cukup untuk membantu dan mengajak masyarakat ikut serta berperan aktif dalam pembangunan kesehatan,” ujar Hiddayaturrahmi.

“Harapan dari pelantikan ini, nantinya anggota Saka Bakti Husada baru yang telah diberikan pembekalan dapat mengetahui serta menerapkannya di lingkungan masyarakat yang membutuhkan bantuan secepatnya,” harapnya. (ig)

Tags: , , , ,