Seleksi Atlet Sentra Cabang Karate SD Dan SLTP Se Kota Solok

Seleksi Atlet Sentra Cabang Karate SD Dan SLTP Se Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Solok mengadakan seleksi Atlet Sentra Olahraga untuk cabang olahraga Karate kelompok SD dan SLTP se-Kota Solok di Sport Hall Tanjung Paku Kota Solok, Selasa (28/8). turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan, Dewan Wasit, Guru Pembimbing dari sekolah, Pelatih dan Orang Tua peserta seleksi.

Sebanyak 61 orang Karateka ikuti seleksi yang terdiri dari tingkat SD/sederajat sebanyak 20 orang dan tingkat SLTP/sederajat sebanyak 41 orang. Sebanyak 12 orang atlet akan dipilih menjadi atlet cabang karate binaan Dinas Pendidikan Kota Solok, terdiri dari 6 orang dari tingkat SD/sederajat dan 6 orang dari tingkat SLTP/sederajat.

Rillyade Vernando sebagai Dewan Wasit sekaligus Pelatih Karate Sentra Olahraga Kelompok Umum Dispora Kota Solok, mengatakan “Saya sangat terkejut sekali atas animo peserta yang mengikuti seleksi khusus cabang Karate ini. Sebelumnya kami memprediksi jumlah peserta hanya 40 sampai 50 orang, tapi setelah dicek absen peserta berjumlah 61 orang peserta. Itu merupakan suatu hal yang membanggakan bagi kami,” tuturnya.

“Seleksi kali ini bertujuan untuk penyisipan atlet lama yang telah lewat umur dan yang tidak ada peningkatan prestasi. Atlet-atlet yang lolos seleksi akan dibina dan diberikan bantuan uang gizi, uang saku dan perlengkapan olahraga untuk menghadapi kejuaraan/event tingkat provinsi maupun nasional diantaranya O2SN, Kejurda dan kejuaraan lainnya, terutama pada kelasa usia dini, kadet dan pemula,“ tambah Rillyade.

Lanjutnya, “Khusus bagi SD/sederajat difokuskan untuk kata, sedangkan untuk tingkat SLTP/sederajat kata dan kumite/tanding yang difokuskan. Jadi setiap peserta yang lolos nantinya harus menguasai kata terlebih dahulu, kemudian baru kumite/tanding,” tegasnya.

Gading siswa SMP IT Golden School Kota Solok salah satu peserta seleksi mengatakan “Saya sangat senang dan antusias sekali bisa mengikuti seleksi kali ini. Mudah-mudah dari sekian atlet dari cabang Karate kelompok SLTP yang lolos saya salah satunya,” harapannya. (ep)

Tags: , , , , , , ,