Siswa-siswi SLTP dan SLTA Ikuti Penyuluhan Hukum

Siswa-siswi SLTP dan SLTA Ikuti Penyuluhan Hukum

Solok, (InfoPublikSolok) – Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Solok bersama dengan Tim Kejaksaan Negeri Kota Solok berikan penyuluhan hukum ke siswa-siswi SLTP dan SLTA se Kota Solok.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 24 Juli s/d 02 Agustus 2018, di 8 (delapan) sekolah yaitu SMAN 2 Kota Solok, SMAN 4 Kota Solok, SMKN 3 Kota Solok, SMK Muhammadiyah, SMK Kosgoro, SMPN 4 Kota Solok, SMP 6 Kota Solok dan MTsN Kota Solok. Narasumber kegiatan berasal dari Tim Kejaksaan Negeri Kota Solok dengan materi tentang “Hoax”.

Kajari Kota Solok, Aliansyah, SH, MH sangat mengharapkan para siswa agar cermat dalam melihat pemberitaan yang beredar fakta atau hoax. “Teliti dan periksalah apakah berita tersebut dari web resmi atau abal-abalan, karena hal tersebut bisa saja mengakibatkan pihak atau orang yang terkena hoax bisa kehilangan nyawanya,” harapnya.

Yan Subiyono, SH Kasi Intelijen selaku narasumber “Hoax artinya tipuan, menipu,  atau berita bohong dan dapat dikatakan bahwa Hoax adalah kata yang berarti ketidak benaran dalam suatu informasi” singkatnya, dan juga Irvan Maulana, SH juga menambahkan “bahwasanya hoax banyak muncul di media sosial dan biasanya berita tersebut tidak terverifikasi, tidak berimbang, dan cenderung menyudutkan pihak-pihak tertentu” katanya.

Reni Novita, SH Pemeriksa Kejaksaan Negeri Kota Solok selaku narasumber dalam pemaparannya juga mengatakan “Hoax ini sangat banyak muncul pada sosial media seperti FB, Instagram, Twitter, dll dan juga penyebaran hoax ini sudah sama seperti penyebaran Narkoba karena hoax ini ada yang memproduksi, ada konsumen. Ini bagian dari proxy war, perang yang diciptakan negara tertentu tanpa menggunakan senjata, tetapi menggunakan pihak ketiga yaitu hoax ini,” jelasnya.

Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Solok yang diwakili oleh Alex Shindo selaku Kasubbag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum mengatakan “Hendaknya mulai dari sekarang kami mengharapkan para siswa menjadi siswa-siswi yang pintar dan cerdas yang taat pada peraturan dan hukum dan tidak mudah tergoda dalam penyebaran berita-berita atau informasi yang belum jelas keasliannya.” pesannya. (mr)

Tags: , , , , , ,