SMP Negeri 1 Solok Raih Prestasi Dalam Lomba Fisika se-Sumatera

SMP Negeri 1 Solok Raih Prestasi Dalam Lomba Fisika se-Sumatera

Padang, (InfoPublikSolok) – Jurusan Fisika Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan acara Lomba Fisika (LOFI) 2018 Tingkat SMP XIV dan SMA XXII Se-Sumatera di Ruang Serba Guna FMIPA. Pelaksanaan lomba dimulai dari tanggal 25 Agustus 2018 untuk Babak Penyisihan, kemudian 1-2 September 2018 dilangsungkan Babak Semifinal dan Final.

LOFI tahun 2018 diikuti oleh 627 peserta dari tingkat SMP dan 663 peserta tingkat SMA, SMP Negeri 1 Kota Solok mengirimkan 15 peserta  untuk mengikuti Lomba Fisika dan didampingi oleh 2 Guru pendamping atas nama Nurleli, S.Pd dan Shinta Antar Kasuma, S.Pd.

Sesuai SK Dewan Juri tentang Penetepan Peserta Babak Semifinal LOFI Tingkat SMP XIV se-Sumatera telah menetapkan sebanyak 48 peserta dari berbagai sekolah di Sumatera lolos ke babak semifinal, diantaranya 3 siswa dari SMP Negeri 1 Kota Solok yang lolos ke semifinal atas nama Salwa Dyna Febriani, Farhan Andika, M Arya Diwa.

Pada hari Sabtu, 1 September diumumkan peserta yang lolos ke Final sebanyak 10 peserta, salah satunya peserta dari SMP Negeri 1 Kota Solok atas nama Farhan Andika, yang mana babak final diselenggarakan pada tanggal 2 september di Laboratorium Fisika UNP. Babak Final ini dalam bentuk ujian tertulis dan ujian praktikum. Farhan Andika memperoleh Harapan 2.

“Selamat atas keberhasilan ini, dari sekian banyak peserta tingkat Sumatera, 3 peserta dari SMP Negeri 1 Solok lolos ke babak semifinal dan 1 diantaranya masuk ke babak final dan berhasil meraih 5 besar atau harapan 2 Tingkat Sumatera. Selamat dan terima kasih kepada guru pembimbing, semoga nanti ada Farhan Andika yang lainnya, yang akan membawa dan mengharumkan nama SMP Negeri 1 Kota Solok atau Kota Solok ketingkat daerah dan nasional,” ucap Hj.Yuldarmi, S.Pd Kepsek SMP N 1 Solok saat menerima siswa dan guru pendamping lomba di ruangan kerjanya, Senin (3/9) Pagi.

Kegiatan LOFI tahun ini bertemakan “Melalui Lomba Fisika Tingkat SMP ke-XIV dan SMA ke-XXII Kita Kembangkan Keterampilan 4C (Creativity, Critical Thingking, Collaboration and Communicative) untuk Membentuk Saintis Muda Yang Mampu Bersaing di Era Globalisasi”. (af)

Tags: , , , , , ,