Solok Library Fiesta 2018 Tumbuhkan Budaya Gemar Membaca

Solok Library Fiesta 2018 Tumbuhkan Budaya Gemar Membaca
Jpeg

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kota Solok, Pemerintah Kota Solok Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali menggelar Solok Library Fiesta 2018 di Aula Kubuang Tigobaleh, selama 3 hari, 17 s/d 19 September 2018.

Rangkaian kegiatan Solok Library Fiesta Tahun 2018 selain dari kegiatan lomba-lomba untuk meningkatkan minat baca juga disemarakkan Roadshow Mobil Perpustakaan Keliling Kab./Kota se Sumatera Barat serta Bazar Buku bersama Gramedia Padang dan Zikrul Hakim,“ ungkap Yul Abrar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dalam Laporannya ketika pembukaan Solok Library Fiesta, Senin (17/9) di Gedung Kubuang Tigobaleh.

“Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah memasyarakatkan perpustakaan dan membudayakan kegemaran membaca di Kota Solok, meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dan untuk menumbuhkan budaya kegemaran membaca masyarakat Kota Solok menuju “Kota Solok Kota Literasi,” sambungnya.

Walikota Solok yang diwakili oleh Wakil Walikota Solok, Reinier turut hadir dan membuka secara resmi ajang edukasi masyarakat ini.

Dalam sambutannya Reinier menyampaikan Pemerintah Kota Solok dewasa ini sangat apresiatif, antusias serta responsif terhadap upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai pilar utama pembangunan, termasuk pengembangan perpustakaan dan peningkatan minat serta kegemaran membaca masyarakat.

“Upaya tersebut merupakan langkah positif dan strategis karena benar-benar disadari bahwa mewujudkan kesejahteraan masyarakat harus dimulai dengan meningkatkan SDM, dan untuk itu masyarakat harus selalu belajar tidak saja melalui pendidikan formal tetapi juga belajar dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat menambah ilmu pengetahun sepanjang hayat,” ujar Wawako.

“Mengingat pentingnya Perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat bagi masyarakat mudah-mudahan dapat mendorong berbagai pihak, tidak saja dari Pemerintah Daerah, tetapi juga keterlibatan masyarakat dalam lingkungannya yang aktif secara berkesinambungan, terus mengupayakan tumbuh kembangnya perpustakaan dan mendayagunakan secara optimal bagi kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ini adalah momentum bagi kita untuk memasyarakatkan perpustakaan dan membudayakan kegemaran membaca, dan dengan diselenggaran kegiatan  ini  dapat meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan sekaligus merangsang minat dan kegemaran   membaca masyarakat Kota Solok,“ harap Wawako.

Sementara itu, capaian Keberhasilan bidang perpustakaan tahun 2018 yang diraih oleh insan literasi Kota Solok diantaranya, Juara I Lomba Pustakawan terbaik tingkat Sumatera Barat dan mewakili Provinsi Sumatera Barat tingkat Nasional atas nama Budiman Muslim, M.I.Kom. Prestasi selanjutnya, Juara II Duta Baca Tingkat Provinsi Sumatera Barat atas nama Ira Yusfi, S.Pd. (kd)

Tags: , , ,