Apoteker se-Kota Solok Ikuti Sosialisasi Gema Cermat Agent Of Change

Apoteker se-Kota Solok Ikuti Sosialisasi Gema Cermat Agent Of Change

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan sosialisasi Gema Cermat pada Agent of Change (AoC) yang diikuti oleh Apoteker se-Kota Solok di Aula Dinas Kesehatan Kota Solok, Jum’at (14/09).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh Linarni Djamil, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kabid PPSDK, Hiddayaturrahmi, serta dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kementrian Kesehatan RI Ema Viaza, Dina Sinta Pamela, Roni Syah Putra, Tri Ratna Rejeki, dan Ahmad Zainul Kamal.

Narasumber sosialisasi dari Kepala Seksi Analisis Farmakoekoni Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Ema Viaza, dan Master Agent of Change Padang Isna Desvera, dengan para apoteker yang ada di Kota Solok.

Hiddayaturrahmi dalam sambutannya menyampaikan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan perbekalan kesehatan. Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi ini ke daerah salah satunya Kota Solok. “Apoteker sebagai agent perubahan untuk masyarakat, agar masyarakat nantinya cerdas dalam memilih dan menggunakan obat,” tuturnya.

Dra. Ema Viaza, Apt, selaku narasumber menjelaskan tentang strategi pelaksanaan GeMa CerMat, standar pelayanan kefarmasian adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien, pelayanan kefarmasian klinik, masalah penggunaan obat pada masyarakat.

Lebih lanjut Dra. Ema Viaza, Apt  menjelaskan, “GeMa CerMat adalah upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan obat secara tepat dan teratur,” jelasnya.

Isna Desvera, S.Farm, Apt, berharap “Apoteker dan tenaga kesehatan lainnya dapat menjadi motivator, edukator dan agen perubahan (Agent of Change) GeMa CerMat, dengan melakukan edukasi pada masyarakat secara massif dan berkesinambungan serta menjadikan masyarakat nantinya cerdas dalam memilih dan menggunakan obat,” harapnya. (ig)

Tags: , , , , , , , ,