Sosialisasi Kampanye Introduksi, Imunisasi Campak dan Rubella

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dinas Kesehatan Kota Solok menyelenggarakan pertemuan dan sosialisasi persiapan kampanye, Introduksi, Imunisasi Campak dan Rubella (MR), di aula Dinas Kesehatan Kota Solok. Rabu (04/7).

Acara ini dihadiri oleh Kabid Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Pepy Lady soffyani, Ketua Darmawanita Kota Solok, Ria Zulfatma Rusdianto, Ketua Forum Kota Sehat, Ilzan Sumarta, Ketua MUI, Afrizal Thaib, Ketua LKAAM, H. Rusli Khatib Sulaiman, dr. I.G.M Afridoni A, Sp. A. dan seluruh OPD yang terkait beserta jajarannya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kabid Kesmas dan P2P dr. Pepy Lady Syofyani, menjelaskan bahwa acara pertemuan serta sosialisasi ini dilakukan untuk membentuk pokja yang akan melaksanakan kegiatan imunisasi pada bulan Agustus-September yang akan datang. Imunisasi campak dan rubella, diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun di pos-pos imunisasi terdekat.

Penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian. Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus.

“Imunisasi campak dan rubella, adalah suatu bentuk ikhtiar agar terhindar dari penyakit campak dan rubella, vaksin yang diberikan adalah kombinasi vaksin campak rubella yang aman sehingga tidak terdapat kendala dalam pemberian imunisasi, jadi jangan ragu untuk imunisasi campak dan rubella”, jelas Pepy.

“Ingat, bulan Agutus adalah bulan imunisasi campak dan rubella yang diberikan pada seluruh sekolah dan bulan September diseluruh posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya, secara gratis!”, tegas Kabid Kesmas dan P2P.

Acara dilanjutkan dengan pembagian pokja MR dan tupoksi masing-masing pokja. Pencanangan pemberian imunisasi MR ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu (28/7) bertempat SMP 2 Kota Solok. Dengan harapan Untuk Kota Solok Bebas campak dan rubella. (ig)