Dinas DPPPA Gelar Sosialisasikan P2TP2A kepada Masyarakat

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kota Solok berikan sosialisasi kepada RT/RW se Kota Solok tentang Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Aula Dinas DPPPA Kota Solok, Rabu (4/7).

Acara tersebut dibuka Kepala Dinas PPPA Delfianto,S.Sos, dengan narasumber Quartita Evari Hamdiana, SKM, MM Kepala UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat dan Puti Gandoriah Pariaman Fatmiyeti Kahar Kepala Divisi Pelayanan P2TP2A, yang diikuti oleh 180 orang peserta yang berasal dari  RT/RW se Kota Solok.

Delfianto dalam sambutannya menjelaskan Kota Solok saat ini telah memiliki P2TP2A dengan nama P2TP2A Sakinah yang berlokasi di Komplek Tumbuh Kembang Anak Jl. Jenderal Sudirman No.3 Kel. Kampung Jawa  Kec. Tanjung Harapan Kota Solok. Sosialisasi P2TP2A dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat (RT/RW) tentang manfaat dan fungsi serta keberadaan P2TP2A Sakinah di Kota Solok.

“Dengan adanya acara ini, diharapkan para RT/RW tidak ragu lagi untuk melapor ke P2TP2A apabila terjadi kasus KDRT, pelecahan seksual, penganiayaan sehingga kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Solok dapat ditangani bersama-sama”, harap Kadis.

Quartita menjelaskan P2TP2A merupakan sebuah lembaga yang menjadi pusat layanan terpadu yang berfungsi sebagai pusat informasi, pusat pemberdayaan dan pusat layanan perempuan dan anak. Kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan tindakan pelanggaran terhadap Hak azasi Manusia.

Walaupun telah ada wadahnya tapi masih saja ada yang mendiamkan kekerasan yang menimpa mereka atau karena takut, malu, tabu atau memang tidak tahu tempat mengadu jika mereka mengalami kekerasan. (as)