Sosialisasi Pencegahan dan Pelayanan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan

Sosialisasi Pencegahan dan Pelayanan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan

Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) gelar Sosialisasi Pencegahan dan Pelayanan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan bertempat di Aula Kantor Lurah IX Korong Kec. Lubuk Sikarah, Kamis (12/7).

Acara ini dibuka oleh  Kepala Dinas PPPA Delfianto didampingi oleh Kabid. Perlindungan Perempuan dan Anak Hj.Delli Harni dan Kasi. Pencegahan dan Pelayanan Masniety, yang  diikuti oleh tokoh-tokoh masyarakat kelurahan se Kota Solok. Narasumber sosialisasi  Kasi Perlindungan Perempuan Dinas PPPA  Propinsi Sumatera  Barat Ir. Zuyetti, M.Si dan Rahmi Melianty. S,Sos LSM Nurani Perempuan Kota Padang.

Delfianto dalam sambutannya menjelaskan sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan agar tokoh masyarakat paham tentang bagaimana cara mencegah jika terjadinya kekeresan terhadap perempuan baik dirumah tangga, di tempat kerja maupun di lingkungan sekitar.

“Dengan adanya sosilisasi ini diharapkan dapat bermanfaat hendakanya dalam menangani pencegahana dan pelayanan tidakan kekeresan terhadap perempuan di Kota Solok”, harapan Kadis.

Rahmi dalam pemaparannya menjelaskan Islam sangat melarang terjadinya kekeresasan terhadap perempuan ini dibuktikan dengan banyaknya  ayat-ayat Al qur’an  maupun hadist Rasullullah SAW memerintahkan para suami memperlakukan istrinya sebaik mugkin serta memberian kasih sayag serta perhatian terhadap perempuan.

“Kekeresan terhadap perempuan tidak hanya sebatas tindakan kekerasan terhadap fisik, tetapi juga seksual dan phisikologis dalam keluarga dan masyarakat” ungkap Rahmi.

Tindakan kekerasan terhadap perempuan merupakan suatu tindakan yang mengakibatkan kesensaraan dan penderitaan bagi perempuan baik secara psikologis, fisik dan seksual termasuk ancaman tidakan tertentu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaa secara sewenang-wenang baik terjadi didepan umum atau dalam lingkungan pribadi.

Banyaknya  kejadian peristiwa kekerasan terhadap perempuan namun tidak pernah dilaporkan karena takut akan mencemarkan nama baik keluarga  dan takut kehilangan nafkah dari suami dan takut jiwanya terancam sehingg meninmbulkan penderitaan yang berkepanjangan. (as)

Tags: , , , , , ,