Sosialisasi UU Perlindungan Anak Bagi Kepala Sekolah

Sosialisasi UU Perlindungan Anak Bagi Kepala Sekolah

Solok (InfoPublikSolok) – Dinas Sosial Kota Solok menggelar Sosialisasi Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Ruang Rapat Bappeda Kota Solok, Kamis (30/8). Kegiatan tersebut dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintah, Politik dan Hukum Ir Alkaf, yang didampingi Plh. Kepala Dinas Sosial Kota Solok Ir. Edy Martin

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh para Kepala Sekolah Dasar se- Kota Solok dan Pekerja Sosial (Peksos), dengan narasumber H. Mirsal Gani, A.KS MM dari Balai Diklat Regional I Sumatera dan Brig. Dian dari unit PPA Polres Solok Kota .

Ir. Alkaf dalam sambutanya mengatakan bahwasanya setiap anak berhak mendapatkan dan memperoleh pendidikan serta pengajaran, dalam rangka pengembangan kepribadian dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakat anak. Dalam lingkungan pendidikan, setiap anak berhak untuk mendapatkan perlindungan di satuan pendidikan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik dan atau pihak lain, untuk itu ia mengajak kepada seluruh peserta mari kita sama-sama melindungi anak-anak kita dari kejahatan dalam bentuk apapun.

Kemudian dilanjutkan oleh Ir. Edy Martin yang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 dalam penerapannya di Kota Solok, menyatukan gerak dan tindakan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan baik fisik maupun psikis, serta sinergisitas kebijakan penanganan masalah hak-hak anak. Kemudian Edy menambahkan, kegiatan Sosialisasi ini diharapkan tindak kekerasan dilingkungan masyarakat dapat ditekan dan bagi peserta hendaknya dapat menjembatani hal-hal yang tidak diinginkan terhadap anak-anak dimasa yang akan datang, dimana anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan  pembangunan bangsa  ini dimasa yang akan datang. (mr)

Tags: , , , ,