Tim Kementerian PAN-RB Evaluasi Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Solok

Tim Kementerian PAN-RB Evaluasi Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok dikunjungi oleh Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kamis (19/7).

Tim Evaluator yang terdiri dari Martina Natatinova Simanjuntak dan M. Rezky Aditya A, didampingi Bagian Organisasi Setdako Solok, Tim Evaluator disambut oleh Sekretaris Disdukcapil, Bitel dan staf di ruangan Kepala Dinas Dukcapil.

Kedatangan Tim Evaluator dalam rangka pelaksanaan Program Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang ditujukan pada OPD bidang pelayanan seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pertemuan ini dibuka dengan pemaparan oleh Sekretaris Dinas seputar perkembangan kependudukan Kota Solok, pencapaian akta kelahiran, KTP-el serta inovasi yang dilakukan dalam percepatan kepemilikan akta kelahiran. Kota Solok bisa meraih penghargaan atas komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan pencatatan kelahiran yang mencapai target nasional dalam cakupan kepemilikan akta kelahiran lebih cepat dari batas waktu yang telah ditetapkan.

“Bentuk upaya yang kami lakukan dalam percepatan kepemilikan akta kelahiran ini adalah dengan jemput bola ke beberapa spot lokasi yang telah ditentukan, sehingga akses warga untuk menjangkau lokasi pengurusan akte menjadi lebih mudah”, ungkap Bitel.

Tim KemenPAN-RB melakukan evaluasi langsung atas pelayanan publik yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Solok, meliputi standar pelayanan, inovasi pelayanan, survey kepuasan masyarakat, kelayakan sarana dan prasarana, dan lain-lain.

Selain meneliti kuesioner yang diisi oleh masyarakat dan melihat langsung kondisi pelayanan, tim juga melakukan wawancara dengan masyarakat untuk mengetahui secara langsung apa saja keluhan masyarakat selama melaksanakan pengurusan dokumen kependudukan.

Hasil dari evaluasi Tim tersebut dituangkan dalam bentuk berita acara evaluasi yang berisikan rekomendasi untuk perbaikan pelayanan untuk kedepannya, dan nilai dari evaluasi ini akan di sampaikan pada Desember 2018 mendatang. (am)

Tags: , , , , ,