Tingkatkan Keamanan, Polisi Militer Gelar Razia

Tingkatkan Keamanan, Polisi Militer Gelar Razia
Jajaran Denpom I/4 Padang saat melaksanakan razia di batas Kota Solok-Kabupaten Solok (10/6)

Jajaran Denpom I/4 Padang saat melaksanakan razia di batas Kota Solok-Kabupaten Solok (10/6)

Solok, (MC Kota Solok) – Jajaran Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/4 Padang, Sumatera Barat,  dan Sub Denpom I/4-6 Solok, melaksankan razia terhadap  kelengkapan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang dikendarai oleh anggota TNI. Razia juga dilakukan kepada masyarakat yang mempergunakan atribut TNI ini digelar di jalan Solok- Salayo, yang merupakan perbatasan jalan antara Kota Solok dan kabupaten Solok, Rabu (10/6).

Dalam kesempatannya itu, Dandenpom 1/4 Padang, Sumatera Barat, Mayor CPM. Didik Hariadi, didampingi oleh Danpom Sub 1/4-6 Solok, Lettu.CPM. Yulfrinel, SH, mengatakan, razia yang dilaksanakan tersebut merupakan dalam rangka Operasi Penegakan dan Penertipan (OPSGAKTIB) Polisi Militer Tri Wulan Dua, dan dalam rangka meningkatkan  keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Opgaktib dengan sandi Waspada Wira Piso 2015 ini dilaksankan serentak secara Nasional berdasarkan perintah dari Panglima TNI.

Sesuai perintah, razia dilaksanakan pada tiap perbatasan daerah yang ada selama satu hari pada tiap tiap perbatasan tersebut. Dan dalam razia tersebut dilaksanakan oleh gabungan Denpom I/4 Padang dengan tiap tiap Sub Denpom pada daerahnya masing-masing, dan sesuai program kerja yang ada, tepatnya pada hari ini Rabu 10 juni 2015, razia digelar di daerah Solok, tepatnya diperbatasan Kota Solok dan Kabupaten Solok.

Dandenpom I/4 Padang menyampaikan bahwa secara prinsip dan sesuai perintah yang harus diemban, razia tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kriminal atau terjadinya perlanggaran yang dilakukan oleh para anggota TNI.

Selain itu ia mengatakan, razia juga ditujukan terhadap penertiban penggunaan atribut TNI. Atribut TNI hanya boleh dimiliki atau dipergunakan oleh anggota TNI itu sendiri, dan apabila ditemukan atribut TNI berupa pakaian  dipergunakan oleh selain anggota TNI, akan dilakukan penindakan berupa penyitaan dan diberi peringatan.

Lebih lanjut Mayor CPM. Didik Hariadi mengatakan, apabila ditemukan tindakan kriminal yang dilakukan oleh anggota TNI, kami akan memproses sesuai aturan Hukum Militer, dan pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat umum, kami akan melimpahkan perkara tersebut kepada pihak Polri setempat.

Ditambahkannya, sesuai perintah dan rencana kerja Polisi Militer secara nasional, setelah melaksanakan razia gabungan selama satu hari, razia akan dilanjutkan oleh Sub Denpom di wilayah hukumnya masing masing. (gia)

Tags: , , , ,