Tingkatkan Skill, Pelatih Sepakbola Ikuti TOT

Tingkatkan Skill, Pelatih Sepakbola Ikuti TOT

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok melalui Bidang Olahraga Prestasi pada Seksi Tenaga dan Pembibitan Olaharaga mengadakan Football Training Of Trainer (ToT) / Pelatihan bagi Pelatih Sepakbola. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Guru Olahraga SD, SMP, SMA/SMK, Pelatih Sentra Olahraga dan Masyarakat Umum. Pelatihan ini dilaksanakan  di Gedung Aula SLTP  5 Kota Solok, Selasa (04/08). Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 5 hari dan akan berakhir pada Sabtu, (8/9). Selama 2 hari pertama dilakukan pembahasan secara teori dan selanjutnya dilakukan praktek lapangan di Lapangan Sepakbola Ampang Kualo.

Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Olahraga Prestasi Yon Hasdian, SH, Kepala Bidang Pemuda, Arpen, S.Sos dan Nara sumber dari Fakultas Olahraga, Universitas Negeri Padang, Dr. Arsil, M.Pd dan Despita Antoni, S.Pd, M.Pd.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Olahraga Prestasi Yon Hasdian, menyebutka maksud dan tujuan kegiatan pelatihan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada pelatih olahraga khususnya cabang Sepakbola tentang banyak perubahan dan perkembangan dalam cabang sepakbola modern sehingga ke depan dapat menerapkannya dalam setiap  pertandingan.

Sementara itu Kepala Seksi Tenaga dan Pembibitan Olaharaga Anwar, S.Pd. M.Pd  mengatakan “Pelatihan pelatih cabang sepakbola ini sangat dibutuhkan sekali, Karena di Kota Solok masih ada beberapa pelatih sepakbola yang membutuhkan tambahan wawasan dan skill  tentang perkembangan dunia sepakbola. Makanya kami sebagai sebagai pelaksana kegiatan ini mendatangkan Narasumber yang memiliki pemahaman yang dalam pada cabang sepakbola,“ ujar Anwar.

“Rata-rata Narasumber kami datangkan langsung dari Dosen Universitas Negeri Padang. Narasumber Yulius Dede yang juga merupakan Wasit Nasional pernah kami datangkan. Sehingga nantinya selepas pelatihan ini para peserta dapat menambah ilmu dengan melalui diskusi dan praktek secara langsung bersama narasumber,“ tegasnya.

Dr. Arsil, M.Pd selaku narasumber dalam materinya mengatakan, Kesalaham mendasar seorang pelatih adalah teknik dasar sepakbola itu sendiri yang belum dipahami. Sehingga persepakbolaan kita jauh tertinggal dari daerah lain. “Khususnya di Kota Solok kita melihat sarana lapangan Sepakbola masih sangat minim sekali. Sehingga minat pemuda kita tidak tersalurkan,” pungkasnya. (ep)

Tags: , , , ,