Tumbuhkan Minat Baca, Perpustakaan Kota Solok Gelar Lomba Bercerita

MC-Solok. Dalam rangka menumbuh kembangkangkan minat baca pada anak, maka Kantor Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan Kota Solok mengadakan lomba bercerita bagi siswa SD/MI se-Kota Solok. Kegiatan ini berlangsung pada pada hari Selasa, tanggal 29 Maret 2016 bertempat di Aula SMK Negeri 1 Solok.

Kepala Kantor Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan Kota Solok Sukardi, SH menyampaikan dalam laporan panitia pelaksana bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta budaya bangsa, persatuan dan kesatuan, Menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya minangkabau, menumbuhkan kecintaan akan budaya daerah.

Sukardi, SH juga menyampaikan Lomba ini diikuti oleh siswa siswi kelas IV dan V SD/MI baik negeri maupun swasta di seluruh lingkungan Pemerintah Kota Solok. Adapun Pemenang Lomba Bercerita ini terdiri atas Juara I hingga juara harapan I. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, uang pembinaan, dan piagam penghargaan. Bagi anak kami yang berhasil meraih juara pertama akan mewakili Kota Solok pada Lomba Bercerita Tingkat Propinsi Sumatera Barat dan apabila menjadi pemenang pada Tingkat Propinsi Sumatera Barat akan mengikuti Lomba Tingkat Nasional sebagai Utusan Pemerintah Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan lomba dibuka secara resmi oleh Bapak Walikota Solok dalam hal ini dihadiri oleh Staf Ahli Walikota Solok Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan             Drs. Muhammad, M.Si. Dalam sambutannya Bapak Walikota menyampaikan membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik bersifat formal maupun non formal yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca. Undang-undang No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan Bab XIII pasal 48 ayat 1 mengisyaratkan bahwa pembudayaaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yakni keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Pembudayaaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak usia sedini mungkin dan berlanjut secara terus menerus. Dalam mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan di sekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya perpustakaan yang ada di sekolah.

Terakhir, Harapan Walikota Solok dengan terselenggaranya lomba bercerita ini, maka semakin meningkatnya minat baca anak-anak kita, baik minat baca akan buku-buku pelajaran dan juga buku-buku cerita budaya daerah, sehingga tumbuh pula kecintaan mereka terhadap budaya daerah.(Khairul)

%d blogger menyukai ini: