Wakil WaliKota Buka Pacu Rakik

Solok, (MC Kota Solok) Organisasi Kepemudaan Kelurahan  Koto Panjang adakan Lomba Dayung Pacu Rakik yang ke 2 di sepanjang Aliran Sungai Batang Lembang Senin (21/08/17).Kegiatan untuk memeriahkan Hut ke72 Kemerdekaan RI itu dibuka  Wakil Walikota Solok Reinier  yang dihadiri unsur Forkofinda, Ketua DPRD Yutris Can,SE serta disaksikan ratusan pengunjung dipinggiran Batang Lembang.

Pembukaan  ditandai  Wakil Walikota Reinier didaulat ikut mendayung rakik yang telah disediakan untuk bertanding adu cepat dengan Ketua DPRD Yutris Can dan  Dandim 0309 Solok. Para pengunjung yang menyaksikan memberi semangat kepada pemimpin itu mendayung lebih cepat untuk mencapai finis, bahkan dengan semangat tinggi tidak menghiraukan keringat membasahi tubuhnya, tapi tetap bersemangat untuk mendayung.

Seusai mendayung rakik Wakil Walikota Reinier mengakui membutuhkan teori dalam mendayung Rakik Tradisional ini serta  dituntut teknik daya fikir yang cemerlang  dan keahlian khusus dalam mendayung seperti keseimbangan badan, cara mendayung, mental yang fit untuk siap terjun ke aliran sungai batang lembang yang memanfaatkan alam terbuka yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan untuk bermasyarakat.

Selanjutnya dikatakan  Reinier, Kota Solok yang dilewati aliran sungai Batang Lembang dapat hendaknya dimanfaatkan untuk objek wisata terutama dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Makanya kata Wakil Walikota Lomba mendayung rakit bambu ini  harus dibudayakan dan akan dijadikan sebuah program perioritas dibidang olahraga oleh pemerintah daerah melalui Dinas terkait. “Agar Pacu Rakik menjadi salah satu iven untuk pengembangan wisata yang ada di Kota Solok, dan juga mengembangkan potensi yang ada di setiap kelurahan,” ujarnya.

Ketua Pelaksanaan Pacu Rakik, Afrizal Pitok menjelaskan, pacu Rakik diikuti utusan dari Kelurahan, SKPD, dan Ormas. Panitia menyediakan tiga Rakik, Satu rakik akan dinaiki tiga peserta. Sementara pemenang juga akan mendapatkan tropi dan bingkisan lainnya(Eg/Zm)

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: