Wakil Walikota Solok Buka Sosialisasi Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella

Solok, (MC Kota Solok) – Wakil Walikota Solok Reinier, buka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) di Gedung Kubung Tigo Baleh, Selasa (21/11), yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SLTA, SLTP, SD, TK dan PAUD se-Kota Solok beserta Guru Pendamping dan para siswa/siswi serta murid-murid sebagai duta MR.

Duta MR diambil dari perwakilan 4 orang dari masing-masing sekolah, Jumlah peserta sosialisasi ini  lebih kurang 380 orang dari tiap-tiap sekolah murid kelas III SD, murid kelas VII SLTP dan murid kelas X SLTA. Dengan Narasumber Reza Isfan, SKM, MKM Ditjen P2P Kemenkes RI Jakarta dan Ali Akbar, SKM, M.Kes Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, MKM Kota Solok dalam laporannya mengatakan “Kampanye Imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus measles (campak) dan rubella/MR pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Untuk itu diharapkan pada duta MR agar ikut menyukseskan kampanye MR ini dan dapat mensosialisasikan kembali pada teman-temannya disekolah”, ujar dr. Ambun.

Wakil Walikota Solok Reinier, dalam sambutannya mengatakan “Dengan adanya sosilalisasi pelaksanaan kampanye MR ini, diharapkan kepada peserta yang hadir sosialisasi ini agar dapat mensosialisasikan kembali kepada semua lapisan masyarakat dan sekolah sehingga semua kita terpapar dengan imunisasi MR ini. Masih ada anak-anak kita yang takut disuntik, dan inilah yang perlu kita sikapi dan kita support bersama terutama untuk anak-anak dan kepala sekolah beserta guru-guru”, kata Reinier.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan komitmen bersama dukungan yang dimulai dari Wakil Walikota Solok, Kemenkes RI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala-kepala Sekolah se-Kota Solok.

Semantara itu Reza Isfan, SKM, MKM menjelaskan tentang Kebijakan Program Imunisasi dan Kampanye Imunisasi MR tahun 2018 dan Ali Akbar, SKM, M.Kes narasumber kedua  menjelaskan tentang Imunisasi MR yang meliputi pengertian, penyebab, tanda dan gejala, komplikasi serta penanganannya dan Imunisasi untuk MR ini. (JTY).

%d blogger menyukai ini: