Wakil Walikota Solok Sambut Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas

Solok, (MC Kota Solok) – Wakil Walikota Solok Reinier, menyambut kedatangan Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas di rumah dinas Wakil Walikota, Rabu (22/11).

Tim Surveyor akreditasi ini berasal dari Kemenkes RI Jakarta dr. Djauhari, M.S  Ketua, dr. Nani Syuryati Rasyid, M. Kes dan dr. Nursida, M. Kes. Tim Surveyor akreditasi ini akan menilai Puskesmas KTK dari tanggal 23 s/d 25 November 2017. Dihadiri oleh Sekda Kota Solok Rusdianto, S.IP,MM, Asisten dan Kepala-Kepala OPD terkait, Ketua LKAAM H. Rusli, Ketua GOW Kota Solok Elfia Reinier, dan Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya.

Hj. Ambun Kadri, MKM Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok dalam laporannya mengatakan “Puskesmas di Kota Solok ini ada 4 Puskesmas yang mana 1 puskesmas rawat inap dan 3 puskesmas rawat jalan. Puskesmas KTK yang akan dinilai oleh Tim Surveyor merupakan Puskesmas rawat jalan, sedangkan puskesmas rawat inap yaitu Puskesmas Tanah Garam sudah dinilai oleh Tim Akreditasi pada tahun lalu bersama dengan 1 puskesmas rawat jalan Puskesmas Tanjung Paku dan yang terakhir Puskesmas rawat jalan Puskesmas Nan Balimo yang akan dinilai oleh Tim Surveyor pada akhir November 2017 ini”, ujar dr. Ambun.

Sesuai dengan misi Kota Solok nomor 3 meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Solok, untuk mencapai misi ini maka kami menggalakkan upaya Promotif dan Preventif yang sejalan dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat. Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tujuan Dinas Kesehatan tersebut, supaya meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan terstandar dengan salah satunya bagaimana pelayanan itu terakreditasi, tambah dr. Ambun.

Wakil Walikota Solok Reinier, dalam sambutannya mengatakan, “Kota Solok ini merupakan kota kecil tetapi kita dilema karena terletak di perlintasan, semua bisa masuk kesini dan menjadi hal yang penting bagaimana kita berani menjamin masyarakat kita hidup sehat. Tanpa masyarakat yang sehat mustahil kita bisa menjamin, tentunya dengan adanya tempat pelayanan yang terstandar ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat kita”, ujar Wakil Walikota Solok.

Wakil Walikota dalam kesempatan ini menyarankan kepada Dinas Kesehatan terutama yang berada di Puskesmas, agar bisa menjamin masyarakat kita sehat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal maka manfaatkanlah kedatangan Tim Surveyor ini untuk menimba ilmu sehingga bisa untuk lebih baik lagi kedepannya, ujar Reinier.

Acara ini diakhiri dengan perkenalan dari Tim Surveior yang diketuai dr. Djauhari, M. Kes. “Kami bertiga akan memotret bagaimana Pelayanan Puskesmas KTK yang sudah dilaksanakan dari 3 sudut yaitu Pokja Admin, Pokja Usaha Kesehatan masyarakat (UKM) dan Pokja Usaha Kesehatan Perorangan (UKP). Yang mana untuk UKM saya sendiri, dr. Djauhari dan untuk admin dr. Nani dan terakhir untuk UKP dr. Nunus. Selama tiga hari kedepan Tim Surveyor akan berada di Puskesmas dari jam 08.00–16.00 Wib dan bisa juga sampai jam 17.00 Wib. (JTY).

%d blogger menyukai ini: