Wako Buka Bimtek Pengembangan Desain dan Diversifikasi Produk Batik Minang

Wako Buka Bimtek Pengembangan Desain dan Diversifikasi Produk Batik Minang

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok, Zul Elfian membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Desain dan Diversifikasi Produk Batik Minang di Rumah Batik Minang Nagari Panyakalan Kabupaten Solok, Minggu (12/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Pimpinan PT. Taspen KC Padang yang diwakili oleh Kabid Umum SDM Iwan Hermawan, Pimpinan BRI Cabang Solok, Kadis Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, Kadis Koperasi Perdagangan dan UKM Dedi Asmar, Ketua Bundo Kanduang beserta tamu undangan lainnya.

Bimbingan Teknis Pengembangan Desain dan Diversifikasi Produk Batik Minang tersebut akan berlangsung dari tanggal 12 s/d 16 Agustus 2018 di Rumah Batik Panyakalan. Pelatihan tersebut mendatangkan designer-designer yang akan melatih langsung pengrajin nantinya.

Pendiri Batik Minang Liza Mustafa pada kesempatan tersebut menyebutkan tindak lanjut dari kegiatan tersebut untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa kita juga memiliki batik yang tak kalah bagusnya dengan batik jawa.

“Kita harus berani untuk show off guna memperkenalkan batik-batik Minang kita ini yang tak kalah bagusnya dengan batik jawa, saya berharap pemerintah Kota dan Kabupaten Solok memberi sokongan dan dukungan penuh demi kelancaran rencana  ini,” harap Liza

Walikota Solok Zul Elfian sangat mengapresiasi Pendiri Batik Minang Liza Mustafa yang mana selalu semangat mendorong pengrajin batik yang ada di Kabupaten dan Kota Solok agar bisa menghasilkan batik-batik Minang yang berkualitas.

Zul Elfian berharap produksi hasil batik kita semakin bertambah karena zaman sekarang batik sudah mendunia. Walikota Solok itu meminta giat untuk  incar segmen pasar batik itu sendiri. “Dengan adanya peningkatan produksi batik kita, jangan hanya batik saja yang dihasilkan tetapi produk lain juga ditambah, sehingga dapat menambah peningkatan ekonomi bagi masyarakat” harapnya.

Wali Nagari Payakalan Irwan Eka Sastra Putra juga berterima kasih dengan diadakannya bimbingan teknis tersebut “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi pengrajin kami dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Panyakalan,” ungkapnya

Acara tersebut ditutup dengan penyerahan batuan dari PT. Taspen sebesar 50 juta Rupiah kepada Rumah Batik Minang. (sna)

Tags: , , , ,