Walikota Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Tahun 2017

Solok, (MC Kota Solok) – Walikota Solok H. Zul Elfian buka kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Keluarga Berancana (KB) dan Kesehatan Kota Solok Tahun 2017, dihalaman Kantor Camat Lubuk Sikarah, Selasa (10/10/17) yang berthemakan “Dengan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kita Lakukan Percepatan Program Pokok PKK Untuk Mewujudkan Visi dan Misi Gerak PKK”.

Hadir pada kesempatan itu, Sekda Kota Solok Rusdianto, SIP,MM, Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Dra. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok Ny. Elfia Reinier, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, perwakilan dari Polres Solok Kota, Kodim 0309 Solok, Kajari Solok, Camat Lubuk Sikarah dan seluruh kader PKK Kota Solok, beserta seluruh peserta yang berjumlah 150 orang.

Ketua Panitia Pelaksana, Ny.Hj.Elly Umar Rivai  laporannya menyebutkan, tujuan umum pencanangan ini ialah meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program KB dan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat. Sekaligus melaksanakan deteksi dini kanker (IVA Tes) yang sudah ditentukan termasuk 4 (empat) puskesmas di Kota Solok.

Sedangkan tujuan khusus kegiatan ini ialah meningkatkan jumlah kelompok dasawisma, mengaktifkan dasawisma yang tidak aktif, meningkatkan jumlah posyandu dan kemandirian, meningkatkan jumlah peserta KB baru dan peserta KB aktif, meningkatkan kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga.

Selanjutnya, meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan di masing-masing tingkatan melalui pelaksana terbaik PKK KB, pelaksana terbaik Posyandu, pelaksana terbaik PHBS dan lingkungan bersih sehat, terlaksananya pemantauan kelembagaan melalui dasawisma dan terlaksananya pelaksanaan pemeriksaan IVA Tes di tempat-tempat pelayanan yang ada di Kota Solok.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solok Ny. Dra.Hj.Zulmiyetti Zul Elfian  sambutannya mengharapkan semua pelaksana kegiatan PKK KB Kesehatan yang dimulai dari 1 Oktober sampai 30 Desember 2017 untuk dapat memegang prinsip kebersamaan, keterpaduan dan pelayanan yang berkualitas.

Salah satu kebanggaan Kota Solok pada Tahun 2016, Kelurahan Nan Balimo mendapatkan Juara I Posyandu tingkat Provinsi dan mewakili Sumatera Barat untuk ke tingkat nasional. Pada tingkat Nasional, Kota Solok mendapatkan predikat sebagai Pelaksana Terbaik Posyandu kategori Prakarti Madya tingkat Nasional pada Tahun 2017.

Untuk tahun 2017 ini, PKK KB Kesehatan menargetkan 4 kategori yang dilombakan mendapatkan juara, yakni pelaksana terbaik PKK KB Kesehatan, pelaksana terbaik posyandu, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS) serta pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

Saat ini, lanjutnya, tim penggerak PKK Kota Solok telah bekerjasama dengan BPJS, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dalam pelaksanaan pelayanan IVA, sehingga pelayanan yang telah dilakukan sampai 30 September 2017 sudah berjumlah 1.205 orang.

Walikota Solok  Zul Elfian sambutannya  sangat mengapresiasi kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan yang telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat, serta mendapatkan pengakuan yang luas sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap kepada anggota PKK untuk tidak pernah bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan kesehatan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan status gizi khususnya anak dan balita keluarga Pra Keluarga Sejahtera (KS) dan KS I.

“Kami Pemerintah Kota Solok dan seluruh OPD terkait beserta seluruh masyarakat sangat mendukung kegiatan PKK KB kesehatan ini, karena melalui kesatuan gerak ini semua bisa bersama-sama mensukseskan program PKK, KB dan program kesehatan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” tutur Zul Elfian.

Pencanangan yang mendapat perhatian masyarakat itu ditandai pemukulan gong oleh Walikota Zul Elfian diikuti undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wako Zul Elfian berkesempatan melantik dan mengukuhkan Kelompok KB Pria di Kecamatan Tanjung Harapan, penyerahan piala Prakarti Madya tingkat Nasional Tahun 2017. Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau pelayanan aseptor KB dan pelayanan IVA Tes bagi wanita usia subur yang sudah menikah. (deni).

%d bloggers like this: