Walikota Solok Buka Musrenbang Tingkat Kota Solok

Walikota Solok Buka Musrenbang Tingkat Kota Solok

 

Walikota Solok,H.Zul Elfian,SH,M.Si membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2016 tingkat Kota Solok, Guna menyusun kegiatan tahun 2017 dan untuk membahas terkait pemantapan perekonomian menuju kemandirian masyarakat dan Pemerintah Kota Solok, Selasa (29/3). Kegiatan Musrenbang berlangsung di gedung Kubuang Tigo Baleh.
Hadir dalam acara Musrenbang tingkat Kota Solok, Walikota Solok,H.Zul Elfian,SH,M.Si,Wakil Walikota Solok,Reinier,ST,MT,Ketua DPRD Kota Solok,Yutris Can,SE,Dandim 0309 Solok,LetKol Inf Safta Feryansyah, S.I.P,Kapolresta Solok,AKBP.Tommy Bambang Irawan,SIK, Kepala Bappeda Kota Solok,Viveri Andra,SH,Ketua Komisi I DPRD Kota Solok,Hj Nurnisma,SH, Ketua LKAAM Kota Solok,H.Muhammad Rusli Khatib Sulaiman,Ketua Bundo Kanduang Kota Solok,Melda Murniati, Unsur Forkopimda, Akademisi, Kepala SKPD, Camat, Lurah dan tokoh masyarakat.
Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Solok,Yutris Can,SE mengatakan, bahwa pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Sedangkan pembangunan dilakukan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, budaya serta perbaikan kehidupan berbangsa dan negara. Namun demikian, karena pembangunan menjadi tanggung jawab bersama, maka upaya pembangunan harus dirancang secara bersama yang dilaksanakan dengan professional dan transfaran serta diawasi dengan penuh tanggung jawab. Jadi, perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk partisipasi yang berkualitas dari seluruh komponen masyarakat. Dan hal ini sesuai Undang-undang Nomor 25 tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 tentang Musrenbang. Untuk itu, maka Pemerintah Kota Solok harus dapat memastikan seluruh agenda pembangunan yang ada di Kota Solok dibahas didalam Musrenbang pada berbagai tingkatan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, Kota, propinsi sampai tingkat nasional,” ujarnya.Katanya lagi, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Solok tahun 2017 sebagai hasil dari musrenbang RKPD tahun ini akan menjadi rancangan tahun pertama RPJMD Kota tahun 2016-2021 yang saat ini baru dalam tahap awal penyusunan. Kebijakan pembangunan pada tahun 2017 ini sampai dengan 2021 nanti adalah meningkatkan, memperluaskan dan menyempurnakan visi dan misi pembangunan periode sebelumnya. Dimana visi tersebut, ” terwujudnya masyarakat Kota Solok yang beriman,bertaqwa dan sejahtera menuju Kota perdagangan,jasa serta pendidikan yang maju dan modern “.
Sementara Walikota Solok,H.Zul Elfian,SH,M.Si menjelaskan jika kegiatan Musrenbang tingkat Kota berawal dari proses berjenjang, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga ke tingkat Kota. Musrenbang diharapkan bisa mengakomodir semua keinginan masyarakat. Walaupun harus ada yang mesti diseleksi dan sangat mungkin ada perampingan kalau sampai di Musrenbang kota.
hal ini disebabkan karena ada yang diprioritaskan pemerintah. Itulah sebabnya, kita undang seluruh steakholder untuk mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat.
Ada beberapa prioritas Pemerintah Kota Solok yang diharapkan tercapai dari RKPD 2016, yakni mewujudkan kehidupan bermasyarakat berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabbullah, mewujudkan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik dan bersih serta reformasi birokrasi, menjadikan kota solok sebagai pusat perdagangan hasil pertanian dan perkebunan dan jasa berbasis ekonomi kerakyatan, menekan angka kemiskinan dan mengurangi permasalahan sosial lainnya, mewujudkan pembangunan prasarana dan sarana yang berwawasan lingkungan, menekan angka kemiskinan dan mengurangi permasalahan sosial lainnya.(wahyu)

Tags: