Walikota Solok buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan.

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok Zul Elfian membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun  2019 Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Senin (12/02/18). di Aula Kantor Camat setempat, dihadiri Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto, S.IP.MM, anggota DPRD Daerah Pilihan Kecamatan Tanjung Harapan, perwakilan OPD, Lurah se-Kecamatan Tanjung Harapan, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan, Ketua LPMK, Ketua Bundo Kanduang, Fasilitator Kelurahan se-Kecamatan Tanjung Harapan, serta peserta musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat KecamatanTanjungHarapan.

Walikota Solok Zul Elfian kesempatan itu mangatakan, Musrenbang akan memberikan manfaat bagi pembangunan di Kecamatan Tanjung Harapan, sebab aspirasi masyarakat akan ditampung juga disalurkan bagi kelanjutan fisik sebab akan berkaitan dengan masa depan suatu daerah kearah yang lebih baik, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Adanya sinergisitas antara usulan dari masyarakat melalui musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan dengan Kebijakan Pemerintah Kota Solok sehingga bisa menghasilkan beberapa kesepakatan atas pembangunan yang telah direncanakan yang diperiorirtaskan,”tukuk Walikota..

Disamping itu Walikota Zul Elfianj mengingatkan keterlibatan berbagai pihak dalam forum Musrenbang ini merupakan sesuatu yang mutlak dan selaras dengan semangat otonomi daerah dewasa ini. Ini berarti dari awal proses perencanaan dan pengambilan kebijakan publik masyarakat luas harus terlibat secara nyata sehingga produk kebijakan program kegiatan pembangunan selaras dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Demikian juga kata Zu8l Elfian dalam hal implementasi dan pengawasan pembangunan, masyarakat juga diberikan ruang dan diharapkan untuk terlibat secara proporsional sebab masyarakat merupakan subyek sekaligus obyek pembangunan.

Adapun persoalan yang sering terjadi adalah usulan dari masyarakat dan kemampuan keuangan daerah yang terbatas sehingga perlu ditetapkan skala perioritas mana yang harus didahulukan, sehingga usulan masyarakat yang terbagi atas beberapa bidang yakni bidang Fisik, Sosial Budaya dan Bidang Ekonomi harus diranking agar bisa terlaksana.

Selanjutnya Walikota meminta agar forum ini menjadi momentum yang baik bagi OPD tingkat Kota Solok dan berbagai pemangku kepentingan pembangunan di Kecamatan Tanjung Harapan untuk sering memberi informasi dan masukan terkait rencana program dan kegiatan pembangunan pada Tahun 2019 yang akan datang yang mampu memdorong atau memiliki daya ungkit bagi tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan daerah di Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.

Walikota mengajak semua yang hadir dalam forum musrenbang agar terus bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan atas penajaman, penyelarasan, kesepakatan untuk pembangunan Kota Solok yang maju dan sejahtera. (ew).