Walikota Solok Pantau Langsung Harga Bahan Pokok di Solok

Walikota Solok Pantau Langsung Harga Bahan Pokok di Solok

Kota Solok – Pengunjung Pasar Raya Solok dikagetkan dengan kunjungan Walikota Solok Irzal Ilyas Dt Lawik Basa ke tengah pasar raya, Senin (22/6). Walikota Solok didampingi jajaran dari beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melakukan operasi pasar guna memantau kondisi pasar di tengah tingginya harga komoditas pangan semenjak Ramadhan 1436 H ini. Berdasarkan pantuan Media Center, Walikota Solok bersama jajarannya langsung masuk ke dalam pasar menjelang pukul tiga sore hari dan bertatap muka dengan para pedagang sembari menanyakan kondisi harga terkini dan ketersediaan bahan pokok.

Sementara Walikota Solok memantau kondisi pasar raya, salah seorang jajaran dari Dinas Kesehatan Kota Solok menyampaikan bahwa tim Dinas Kesehatan pada hari yang sama juga mengambil sampel pangan untuk selanjutnya dilakukan uji lab. Hal ini dilakukan sebagaimana hasil rapat koordinasi pangan sebelumnya di Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok, bahwa beberapa komoditi pangan akan dilakukan uji lab, terutama pangan olahan berupa cabai giling, rumput laut, kerupuk, buah dan sayuran. Sampel diambil dari para pedangang dengan cara membeli. Uji bahan adiktif semacam pengawet dan pewarna serta residu pestisida menjadi parameter pengujian oleh tim.

Kunjungan Walikota Solok beserta jajarannya ke Pasar Raya Solok dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Kota Solok dan dilakukan bersama dengan Asisten Ahli, Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri, Dinas Pertanian, Kantor Ketahanan Pangan, Kantor Pasar, Bagian Humas Sekretariat Kota Solok dan dikawal oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Solok. Dengan adanya operasi pasar ini, diharapkan masyarakat senantiasa aman dan nyaman berjual-beli di Pasar Raya Solok, harga komoditas yang terjangkau dan stabil, ketersediaan dan keamanan pangan terjamin (tersedia dan layak untuk dikonsumsi).

Tags: , , ,