Wawako Lepas Keberangkatan Relawan ke Palu

Solok, (InfoPublikSolok) – Para relawan yang tergabung dalam Forum Kemanusiaan Pemuda Kota Solok tersebut akan berangkat dari tanggal 30 November sampai dengan 6 Desember 2018.  Adapun organisasi yang turut berkontribusi meliputi PMI, KNPI Kota Solok, serta BKPRMI Kota Solok.

“Forum Kemanusiaan ini adalah bentuk respon pemuda Kota Solok terhadap sejumlah bencana di wilayah Indonesia. Kesepahaman ini kita aplikasikan dalam bentuk penggalangan donasi dari sejumlah masyarakat Kota Solok dan sekitarnya melalui sekolah, masjid, sejumlah jalan utama Kota Solok serta puncaknya  pada kegiatan Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad lalu,” ungkap sekretaris PMI Kota Solok, Ronnie D Daniel.

Ronnie menambahkan bentuk program yang dilaksanakan forum tersebut tak hanya untuk Palu saja, melainkan peduli juga terhadap bencana yang terjadi di Sumatera Barat.

“Bantuan ke Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman Timur serta Kabupaten Tanah Datar langsung diantarkan dalam bentuk Paket Sembako, Higienis Kit, makanan kecil untuk anak-anak, mie instan serta pakaian layak pakai beberapa waktu yang lalu,” tambahnya.

Adapun Puncak dari program tersebut adalah mendistribusikan School Kit (420 Paket), Psycological Support Program/ Trauma Healing serta Tausiah Agama setiap malam ke sejumlah daerah terdampak Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah nantinya.

Sebelum melepas keberangkatan para relawan, Wakil Walikota Solok Reinier, ST, MM mengatakan keberangkatan para relawan ini merupakan bentuk rasa kemanusiaan dan solidaritas atas bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala dan sekitarnya. “Ini wujud kepedulian kita terhadap saudara-saudara yang tertimpa musibah. Sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan, sudah selayaknya kita turut membantu,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Reinier juga ungkap apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemuda kota Solok yang mampu memberikan semangat dan bantuan baik materil maupun moril.

Dalam pesannya, Reinier meminta tim relawan agar dapat menjaga kesehatan, dan membantu korban disana, serta laksanakan tugas dengan sebaik baiknya. Tim juga diminta berkoordinasi dengan tim relawan lain maupun petugas yang tengah bekerja membantu serta mengevakuasi korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

“Saya hanya dapat memberikan dorongan moril dan kekuatan doa agar relawan yang dikirim ke Palu, dan Donggala dapat melaksanakan tugas kemanusiaan dengan baik serta menjaga tata krama, karena seluruh tim membawa nama baik kota Solok disana, selamat bertugas dan semoga selamat sampai tujuan,” tutup Wawako (sn)