Wawako Terima Kedatangan Tim Penilai Asman Sumbar

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM menyambut kedatangan tim penilai Asuhan Mandiri (Asman) melalui pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan akupresur tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kelompok Asman Surga Selasih Dasawisma Nangka 14, bertempat di Kelurahan Laing Kota Solok, Senin (4/6). Hadir pada kesempatan itu, ketua tim penilai tingkat provinsi Sumatera Barat Yulia Fitri dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Eva Manjas dari Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, dan Khalida dari PKK Provinsi Sumatera Barat.
Serta dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kota Solok Ny.Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ny.Ria Rusdianto, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ambun Kadri, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Delfianto, Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini, dan Lurah Laing Mukhrizon.
Dalam kesempatan penyambutan Tim Penilai Propinsi tersebut Ketua TP PKK Kota Solok Ny.Zulmiyetti Zul Elfian dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada Tim Penilai Provinsi yang sudah datang ke Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah. Beliau berharap kepada Tim Penilai “Mohon saran dan masukan terhadap penilaian ini, supaya seluruh saran dan ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan oleh kader dan masyarakat Kota Solok nanti,” ujarnya.
Lebih lanjut, Ny.Zulmiyetti Zul Elfian menegaskan, bahwa program PKK tersebut intinya ialah untuk menyejahterakan masyarakat, supaya masyarakat Kota Solok lebih baik kehidupannya dikemudian hari, serta kegiatan di PKK selalu mengupayakan untuk menghasilkan kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat terutama di bidang kesehatan, salah satu bukti kerja nyata kegiatan PKK yaitu masyarakat Kota Solok saat ini sudah diarahkan untuk melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dengan pemanfaatan Toga dan akupresur. ” Berdasarkan data hari ini, sudah 70 persen masyarakat Kota Solok yang memilik Toga dan memanfaatkan akupresur,” ujar Ketua TP PKK.
Sementara itu, ketua rombongan tim penilai tingkat Provinsi Sumatera Barat Yulia Fitria menyebutkan, pelayanan kesehatan tradisional merupakan salah satu upaya kesehatan yang sedang digencarkan oleh Asman melalui pemanfaatan Toga dan akupresur. ” Sungguh banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Ramuan tersebut dapat dilaksanakan oleh kader dalam rangka mengatasi penyakit ringan, sehingga mengurangi masyarakat yang datang ke Puskesmas, dengan demikian akan mengurangi pemakaian obat yang berbahan kimia, serta secara otomatis akan menurunkan pemakaian obat-obat kimia di Puskesmas,” sebut Yulia.
Saat ini rombongan tim penilai akan melihat dan melakukan verifikasi langsung ke lapangan. ” Bagaimana pemanfaatan toga dan akupresure dalam penanganan penyakit ringan, apakah  sudah dilaksanakan di Kota Solok,” katanya.
Wakil Walikota Solok Reinier mengucapkan selamat datang dan menyampaikan rasa terimakasih atas adanya kegiatan penilaian Asuhan Mandiri (Asman) melalui pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan akupresur tingkat Provinsi Sumatera Barat. Ini merupakan salah satu upaya kita semua dalam menciptakan masyarakat Kota Solok untuk selalu sehat. Seluruh kader di Kota Solok diingatkan untuk tak hanya sekedar mengejar juara, namun tentunya bagaimana kita semua mengetahui keuntungan Toga dan akupresur kesehatan bagi kita semua. ” Pemerintah Daerah sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, tentunya apa yang dilakukan oleh seluruh kader ini akan lebih maksimal jika diaplikasikan secara positif,” ujar Reinier.
Lebih jauh, Reinier menyebutkan dengan adanya Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro) di Kota Solok bisa membantu masyarakat Kota Solok dan sekitarnya serta harus dimanfaatkan secara maksimal. “Untuk itu, Seharusnya Kota Solok bisa menjadi daerah percontohan untuk Toga dan akupresur ini di wilayah Sumatera Barat,” tantang Reinier. (Dn).